7 Penyakit Yang Menyebabkan Gatal Pada Kulit

penyakit penyebab gatal dikulit
Gatal Pada Kulit - Banyak sekali hal yang dapat membuat anda merasa gatal mulai dari saat anda aktivitas maupun saat anda terserang suatu penyakit yang dapat menyebabkan gatal - gatal pada kulit anda.  nah Berikut dibawah ini kami akan memberikan beberapa ulasan yang dapat membuat kulit anda gatal yang dikarenakan oleh beberapa penyakit.

7 Penyakit Penyebab Gatal Pada Kulit

  1. Kudis


Kondisi kulit ini disebabkan oleh tungau mikroskopik yang menggali ke lapisan atas kulit. Biasanya, kudis menyebabkan gatal pada tangan dan lengan, serta pada kulit yang biasanya ditutupi oleh perhiasan, menurut American Academy of Dermatology. Tetapi pada anak-anak, kudis bisa meluas, mempengaruhi telapak tangan dan telapak kaki.

Beberapa orang dengan kudis mengembangkan ruam, luka, atau daerah berkerak yang tebal. Rasa gatal biasanya sangat intens dan sering memburuk di malam hari.

“Karena kudis ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit, itu bisa dikontrak oleh siapa saja tanpa memandang usia, status ekonomi, atau ras,”
Kebanyakan orang dengan kudis dapat diobati dengan krim dan losion yang diresepkan; beberapa orang mungkin memerlukan obat oral juga, katanya. Antihistamin dan krim steroid juga dapat membantu meredakan respons peradangan yang gatal.

Jika Anda memiliki kudis, jagalah kaki Anda tetap bersih dan untuk diri sendiri, karena sangat menular. Cuci pakaian dan tempat tidur setiap hari sampai hilang.

2. Dermatitis kontak alergi

Ruam yang gatal di kaki Anda bisa menjadi dermatitis kontak alergi, reaksi alergi terhadap sesuatu yang berhubungan dengan kaki Anda. "Paparan bahan iritan seperti bahan kimia atau bahkan alergen dalam sabun, kosmetik, dan tanaman dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi. Salah satu yang biasanya mempengaruhi kaki, katanya, adalah pewarna yang ditemukan dalam kaus kaki gelap. "Dermatitis dari ini dapat menyebabkan kaki gatal dimanapun kaus kaki menyentuh kaki," katanya.

Singkirkan kaus kaki tersebut - dan gunakan krim anti-gatal yang dijual bebas untuk meredakan ketidaknyamanan.

3. Penyakit ginjal

Kondisi medis tertentu, seperti penyakit hati atau ginjal, dapat menyebabkan tangan dan kaki gatal. "Ketika ginjal kita gagal berfungsi dengan baik, cairan dan limbah yang ginjal tidak dapat menghapus tetap di dalam darah kita." Penumpukan kotoran dan peningkatan cairan ini dapat menyebabkan rasa gatal yang parah pada semua ekstremitas, biasanya terlihat pertama di kaki dan kaki."

Mengobati penyakit yang mendasarinya dan komplikasinya - apakah dengan obat resep atau dialisis - sering dapat membantu meringankan gejala.

4. Masalah tiroid

Hypothyroidism, atau kelenjar tiroid yang kurang aktif , dapat menyebabkan gatal-gatal di seluruh tubuh, termasuk pada kaki.

“Tiroid yang kurang aktif menyebabkan penurunan pergantian sel, membuat kulit kering, bersisik, dan gatal." Kekeringan jenis ini dapat diobati dengan berbagai jenis krim tumit over-the-counter atau serum kaki untuk meningkatkan kelembaban ke daerah tersebut," katanya.

Kaki gatal Anda juga akan hilang begitu Anda memulai pengobatan tiroid untuk mengobati kelenjar yang kurang aktif.

5. Pruritus gravidarum

Jika Anda hamil dan tidak bisa berhenti menggaruk kaki gatal, Anda bisa mengalami pruritus gravidarum, semacam gatal parah pada calon ibu. Ini disebabkan oleh obstruksi empedu dari hati, yang disebut cholestastis, dan itu bisa terjadi pada siapa saja.

Kondisi ini terutama mempengaruhi perut, tangan, dan kaki, yang menyebabkan telapak tangan dan telapak tangan gatal, katanya.

Anda harus mendiskusikan pilihan pengobatan - yang dapat mencakup obat oral resep - dengan dokter Anda. Salep atau krim antihistamin dapat membantu meredakan gatal pada saat itu,

6. Diabetes

Gula darah tinggi pada penderita diabetes dapat mengawali adanya penyakit penyebab kulit kering dan gatal, termasuk pada kaki.

Ini juga dapat menyebabkan masalah sirkulasi yang membuat orang dengan diabetes berisiko lebih tinggi untuk luka terbuka dan infeksi, termasuk yang menyebabkan kaki gatal. "Beberapa orang bahkan mengatakan mereka tidak pernah memiliki jamur kaki sebelum mereka menderita diabetes,"
Kering, kaki gatal dapat diobati dengan pelembab, dan infeksi jamur dapat diobati seperti kaki atlet. Anda juga perlu mendiskusikan perawatan diabetes dengan dokter Anda.

Untuk mendapatkan berita utama kami dikirim ke kotak masuk Anda, mendaftarlah ke buletin Hidup Sehat

7. Kanker

Meski jarang, kaki gatal bisa jadi pertanda kanker. Kanker hati atau pankreas - atau kanker yang telah menyebar ke hati - dapat menyebabkan penyakit kuning, menguningnya kulit yang berhubungan dengan penumpukan senyawa yang terbentuk di hati yang disebut bilirubi. “Bilirubin dapat bereaksi dengan kulit yang menyebabkan Anda gatal, terutama pada tangan dan kaki Anda,” katanya.

Untuk mengobati jenis-jenis perubahan kulit ini, Anda harus memeriksakan ke dokter Anda untuk mengobati penyebab utamanya terlebih dahulu.

Leukemia, limfoma, dan kanker kulit juga dapat menyebabkan gatal, meskipun itu tidak biasa untuk memiliki kanker kulit di kaki Anda. Perawatan untuk kanker, seperti kemoterapi dan radiasi, dapat menyebabkan gatal juga.

Setelah alasan untuk gatal Anda diketahui, Anda mungkin dapat mengobati gejala dengan antihistamin dan krim pelembab.

Source : Sehat natural

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Penyebab Kaki Gatal Yang Harus Anda Ketahui